5 Cara Mempertahankan Hubungan Asmara yang Hampir Putus

Dalam menjalani hubungan asmara ada kalanya indah sehingga Anda dan pasangan melewatinya dengan penuh keromantisan. Akan tetapi, hari berganti hari, bulan berganti bulan dan seterusnya terkadang muncul suatu masalah yang menyebabkan masa-masa kritis. Lalu bagaimana cara memperbaiki hubungan asmara yang sudah terasa hambar dan tidak harmonis?

Karena jika tidak segera diperbaiki maka hari-harinya akan menjadi semakin membosankan, bahkan lebih parahnya lagi muncul niat untuk mengakhiri hubungan. Jika Anda menganggap hubungan tersebut berharga, sebaiknya segera perbaiki hubungan yang sudah tidak sehat dengan mencari solusi bersama.

Inilah Cara Mempertahankan Hubungan yang Hampir Putus dan Wajib Anda Tahu

1. Memperbaiki komunikasi

Ketika bertengkar sudah pasti komunikasi antara Anda dan dia menjadi tidak sehat. Masing-masing mengeluarkan argumen yang justru tidak menyelesaikan masalah. Jika keduanya sama-sama bicara, maka sudah pasti tidak ada yang akan mendengarkannya. Jadi, berusahalah untuk bisa tenang dan menciptakan komunikasi yang baik sehingga dapat dicari solusinya bersama.

Anda dan pasangan bisa saling berbicara secara bergantian, menjaga kejujuran masing-masing dan utarakan semua masalah dengan rasional.

2. Hindari sikap saling menyalahkan

Kebiasaan paling buruk pada saat bertengkar yaitu sikap saling menyalahkan dan menganggap bahwa dirinya lah yang paling benar. Bahkan, secara tidak langsung memaksa si dia untuk mengakui kesalahannya. Jika hal ini terjadi justru akan membuat pertengkaran menjadi semakin panas dan tidak menemukan solusi.

Wajar saja jika Anda merasa lelah dan akhirnya memiliki niat untuk putus dengan pacar. Ketika menghadapi masalah, sebaiknya hindari kata-kata yang memojokkan si dia ataupun menyalahkan. Daripada saling menyalahkan yang tidak akan ketemu ujungnya, sebaiknya ajak dia duduk bersama untuk mencari solusi terbaik dari permasalahan yang dihadapi.

3. Memberi perhatian

Menurut Ratih seorang psikolog menyarankan, Jika setelah dipertimbangkan dengan baik dan merasa bahwa hubungan tersebut pantas diperjuangkan, maka cara terbaiknya yaitu dengan memperbaiki hubungan. Anda bisa mulai memberikan perhatian seperti pada masa-masa awal pacaran.

Selain itu, cara memperbaiki hubungan yang tepat yaitu untuk memulai hal-hal baru atau melakukan sesuatu yang dia sukai. Dengan saling memberikan perhatian, maka nuansa hubungan percintaan yang romantis akan secara pelan-pelan tumbuh kembali.

4. Saling membangun kepercayaan

Ada kalanya sebuah pertengkaran disebabkan karena kurang kepercayaan antara satu dengan yang lainnya. Misalnya saja, pasangan Anda pernah mengalami masalah kepercayaan dengan sang mantan, hal ini bisa menjadi penyebab utama dia merasa trauma dan sulit percaya lagi dengan orang lain.

Jika hal ini terjadi, maka Anda harus bisa meyakinkan dia untuk bisa mempercayai Anda dan berusaha melupakan masa lalunya. Hubungan percintaan bisa dikatakan sehat, jika keduanya bisa saling percaya.

5. Tentukan batasan secara sehat

Di dalam hubungan yang sehat sudah pasti terdapat batasan-batasan yang wajib disadari oleh kedua pasangan. Karena tidak memiliki batasan di dalam hubungan justru merupakan hubungan yang tidak sehat. Coba buatlah batasan-batasan secara wajar dan pahami mengenai privasi masing-masing serta bikin batasan secara sehat.

Anda dan pasangan bisa menentukan apa yang mau dan bisa dilakukan serta cari tahu mengenai hal itu dari si dia. Dengan begitu maka hubungan percintaan kalian akan menjadi lebih jelas.

Dengan mengetahui beberapa alasan cara mempertahankan hubungan yang hampir putus di atas. Semoga dapat membantu Anda untuk segera memperbaiki hubungan yang bermasalah dengan mencari solusi terbaiknya, jika memang hubungan tersebut masih pantas diperjuangkan.