Cara Memutuskan Pacar Dengan Baik Agar Tidak Menyakiti Perasaannya

Ada berbagai alasan seseorang mengakhiri hubungan percintaan dengan pacarnya. Mulai dari muncul perasaan tidak cocok lagi, pertengkaran, terjadinya salah paham, rasa cemburu yang berlebihan sampai dengan pihak keluarga yang tidak merestui. Jika memang hubungan tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, ada beberapa cara memutuskan pacar dengan cara yang lebih bijak.

Dengan cara begitu maka tidak akan menimbulkan sakit hati yang sangat dalam bagi pasangan yang diputuskan. Jadi sebuah hubungan memang sudah tidak bisa berjalan baik, tidak ada saling support maka sebaiknya diakhiri saja. Karena hubungan yang sehat bisa diciptakan karena adanya peran dari kedua belah pihak.

5 Cara Memutuskan Pacar dengan Baik dan Bijak

Sebenarnya mengakhiri sebuah hubungan percintaan tidak harus separah yang terdapat pada pikiran banyak orang. Ada beberapa cara memutuskan hubungan dengan rasa empati, sehingga seseorang tidak terlalu sakit. Yuk, simak beberapa cara pada ulasan dibawah ini:

1. Memutuskan pacar dengan cara yang bijak

Terutama bagi Anda yang sudah menjalani komitmen bertahun-tahun, maka sangat penting untuk mengakhirinya dengan saling menghormati perasaan masing-masing. Untuk itu, sebaiknya hindari memutuskan hubungan hanya dengan melalui pesan yang dikirimkan. Selain tidak berkesan dan terlihat tidak peduli, cara ini juga tidak dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik.

Jika Anda masih peduli dengan pasangan Anda , sebaiknya akhiri hubungan dengan cara lebih baik dan memiliki kesan yang baik. Anda bisa melakukannya dengan perkataan yang jujur dan secara langsung agar tidak menimbulkan banyak pertanyaan yang justru nantinya akan menggantung.

2. Putuskan dengan cara baik-baik

Cara terbaik dalam memutuskan hubungan dengan pacar yaitu dilakukan dengan penuh kejelasan. Anda bisa memberikan ruang dan waktu bagi mantan untuk berfikir. Apakah dampaknya jika Anda harus memutus hubungan dengan si dia? Segala sesuatunya harus Anda pikirkan dan dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya.

Hubungan yang terjadi putus nyambung atau hubungan tanpa status memang sering terjadi dalam sebuah percintaan.

3. Alasan jujur

Bersikap jujur dan terbuka merupakan cara putus baik-baik dengan sang pacar. Pasalnya dengan cara bersikap jujur maka dapat mencegah perasaan sakit hati yang sangat dalam bahkan menghindari si dia merasa merasa bingung dengan keputusan Anda.

Anda bisa mengatakan apa adanya mengenai perasaan Anda dan beritahukan mengenai prioritas yang diinginkan dalam menjalin hubungan. Hal ini bisa membuat si dia bisa memahami dengan baik kenapa Anda harus mengakhiri hubungan tersebut.

Jika si dia menyalahkan Anda, maka jangan pernah mengeluarkan daftar kata-kata atau sikap pasangan yang pernah mengecewakan Anda. Karena hal itu hanya akan membuat si dia bersikap marah, defensive dan tidak mau mendengarkan Anda.

4. Hindari memutuskan pacar ditempat umum

Banyak orang beranggapan bahwa tempat umum seperti kafe, tempat wisata, taman merupakan tempat yang paling baik untuk menyatakan putus dengan sang pacar. Padahal tempat tersebut justru sangat tidak baik untuk mengatakan perasaan Anda yang sebenarnya. Tidak adil rasanya jika Anda melakukan hal ini di tempat umum, dimana orang bisa menyaksikan kesedihan dan kemarahannya.

Anda bisa membuat rencana dengan si dia di tempat yang privat untuk membahasnya, dimana Anda dan pasangan bisa mengekspresikan perasaannya dengan bebas.

5. Mengingat hal-hal yang membahagiakan

Ketika memutuskan hubungan dengan si dia, agar tidak merasakan sakit hati yang lebih parah sebaiknya ingat hal-hal baik yang telah dilewati bersama. Dengan mengingat rasa kasih sayang dan kehangatan yang dulu pernah dijalani. Meskipun begitu, Anda harus bersikap jelas bahwa hubungan Anda dan pasangan sudah berakhir.

Dengan Anda menerapkan 5 cara memutuskan pacar dengan baik-baik di atas, maka Anda tidak akan melukai perasaannya.