Hati-Hati, Ini Ciri Suami Ingin Bercerai!

Setiap rumah tangga pasti akan dihadang oleh konflik, entah itu pada usia pernikahan yang masih muda ataupun sudah bertahun-tahun lamanay. Masalah dan konflik akan selalu menghiasi kehidupan setiap pernikahan, semuanya tergantung pada pribadi masing-masing untuk menghadapinya. Salah satu masalah yang tidak diinginkan semua orang, yaitu suami minta cerai karena tak cinta.

Semua masalah memang bisa diselesaikan dengan kepala dingin dan postifi, tapi jika masalahnya sudah seperti ini apa yang harus dilakukan? Setiap manusia berubah-ubah, bisa jadi awalnya tidak cinta jadi cinta, begitu juga sebaliknya. Berikut ini kami bagikan beberapa tanda saat suami Anda menginginkan perceraian.

Tanda Suami Minta Cerai karena Tak Bahagia

Saat Anda merasa banyak perubahan yang terjadi pada suami, mungkin disitulah akar perceraian akan terjadi. Dalam menjalani sebuah hubungan, jika salah satunya sudah tidak ingin bersama, maka usaha apapun yang dilakukan untuk memperbaikinya akan menjadi sia-sia. Mau tidak mau Anda harus ikhlas dan merelakannya, berikut ini beberapa tanda suami minta cerai:

1. Komunikasi Sudah Tidak Hangat

Kebanyakan suami istri yang memutuskan untuk bercerai, yaitu karena hubungan yang sudah lama tidak harmonis. Awal mulanya pasti dimulai dengan komunikasi yang tidak hangat, misalnya dulu suami Anda sering menelpon saat hendak pergi jauh, namun sekarang tidak lagi begitu. Disinilah Anda harus mulai curiga, tanyakan apa penyebab dia menghindar dan tidak menjalin komunikasi dengan baik lagi.

2. Perubahan Emosi yang Signifikan

Apakah suami Anda menjadi murah marah dan terpancing emosi? Ini tandanya bahwa dia menginginkan ruang untuk sendiri, bahkan minta cerai. Bisa jadi karena dia sulit untuk mengungkapkan keinginan untuk bercerai, dan berujung pada uring-uringan atau sensitif.

Cobalah untuk memberinya waktu sendiri, lalu bicarakan apa sebenarnya hal yang dia inginkan. Anda pun harus siap akan jawabannya, sekalipun dia menginginkan perceraian.

3. Selingkuh

Sebenarnya tidak semua perselingkuhan menjadi tanda bahwa suami minta cerai, karena tak sedikit dari mereka yang berselingkuh hanya karena ingin main-main saja. Namun jika suami melakukannya secara terang-terangan, sudah dipastikan bahwa dia ingin bercerai dari Anda. Sebaiknya Anda tidak perlu berpikir pusing lagi jika sudah seperti ini, langsung saja ajukan gugatan cerai ke pengadilan.

4. Kurang Tanggung Jawab

Seorang suami tentunya memiliki peran sebagai kepala yang bertanggung jawab atas keluarganya, jika Anda merasa tanggung jawab ini sudah berkurang, maka sudah dapat dipastikan bahwa suami Anda menginginkan perpisahan. Apalagi jika sudah kurang tanggung jawab secara finansial, contohnya dia sudah tidak lagi memberi uang belanja.

5. Tidak Menghargai Anda

Salah satu tanda bahwa Anda sudah tidak dihargai, yaitu dengan tidak melibatkan Anda dalam segala hal. Misalnya dia sudah tidak meminta pendapat Anda lagi atas masalahnya, atau pendapat Anda hanya dianggap sebagai angin berlalu. Hal ini menunjukan bahwa keberadaan Anda sudah tak lagi berarti di matanya, berarti sudah saatnya Anda pergi dan mencari kebahagiaan lain.

Memang terlihat seperti hal yang tidak masuk akal ketika suami minta cerai karena tak cinta, namun mau bagaimana lagi? Hati seseorang pasti berubah sewaktu-waktu, bahkan tanpa diketahui apa alasan jelasnya. Jika Anda merasakan lima tanda diatas, Anda harus mempertimbangkan lagi keputusan yang akan diambil. Apakah akan bertahan dengan kondisi seperti itu, atau Anda akan mundur dan bercerai.