Mengapa Cinta Bisa Memudar?

Setidaknya, ada 4 hal yang dapat menyebabkan perasaan cinta kita memudar. Itulah, yang kali ini akan kita bahas. Di pembahasan sebelumnya, sudah kita bahas tentang apa saja tandanya, bila kita tidak lagi cinta, pada pasangan kita. Termasuk diantaranya adalah malas bertemu, tidak lagi peduli, tidak lagi ingin menyentuh, tidak ingin berkomunikasi, dan tidak ada keinginan untuk memperbaiki keempat hal ini.

Pertanyaannya sekarang, situasi ini disebabkan oleh apa? Apa yang menyebabkan rasa cinta kita, memudar begitu saja?

Penyebab yang pertama, adalah kenyataan. Alias realita kehidupan. Ketika awal menjalin hubungan, kita membayangkan indahnya saja. Tapi ternyata, setelah dijalani, hidup tidaklah seindah itu.

Bisa jadi awalnya kita mengira, akan bisa selalu bersama. Kenyataannya, pasangan kita sibuk. Tidak bisa membagi waktu. Sampai kadang kita bertanya-tanya, apakah sebenarnya kita ini masih punya pasangan atau tidak?

Dan ketika pertanyaan ini sudah muncul, akan ada rasa tidak percaya yang menyertai. Rasa tidak percaya, akan mendatangkan pikiran negative, yang seringkali berbuntut pada hilangnya rasa cinta kita. Kemudian pertanda yang kedua, rasa cinta juga dapat memudar, karena komunikasi yang tidak lancar. Terutama bagi Anda yang kesehariannya sangat sibuk.


Baca Juga :


Bukan berarti harus senantiasa bertemu atau berduaan, tapi paling tidak harus tetap ada kesempatan untuk saling mendengarkan pikiran dan perasaan. Jika komunikasi ini sudah tidak berjalan baik, maka antara Anda dan pasangan, akan kesulitan memahami isi hati dan kemauan masing-masing. Secara bertahap, hal ini pun berpengaruh pada hilangnya rasa cinta kita.

Selanjutnya, penyebab ketiga yang menyebabkan pudarnya rasa cinta, adalah waktu. Bagaimanapun, cinta adalah rasa. Dan rasa manusia, adalah sesuatu yang dapat berubah-ubah.

Kasih sayang yang dulu Anda rasakan, ketika pertama kali bertemu, tentunya tidak akan sama, dengan kasih sayang yang Anda rasakan sekarang. Bila semakin lama perasaan ini berkurang, maka lambat laun akan hilang sama sekali.

Adapun penyebab terakhir, dan sekaligus penyebab yang paling sering saya dengar dalam konsultasi, adalah perubahan dalam diri pasangan. Yang kemudian menjadikan perasaan cinta kita menjadi pudar, atau bahkan menghilang.

Sebagai contoh, setelah beberapa waktu berlalu, Anda mulai tahu, kebiasaan buruk pasangan seperti apa. Kekurangannya bagaimana, yang selama ini ia tutup-tutupi dari Anda. Dan setelah semua tutup ini terbuka, bukan tidak mungkin perasaan Anda akan berubah dibuatnya.

Orang sering bilang, bahwa rasa itu memang bisa berubah. Perasaan itu bisa berganti. Yang tetap teguh berdiri adalah komitmennya. Kesetiaannya. Kalaupun rasanya sudah berbeda, tetapi kemauannya untuk berkomitmen tetap ada, ya selamatlah hubungan ini.

Untuk itu, kuatkan komitmen Anda. Karena dengan komitmen ini nanti, kita akan punya kemauan untuk memperbaiki situasi. Sekaligus memupuk kembali, cinta yang mungkin pudar karena perjalanan hidup yang dihadapi.

Akhir kata, dari saya cukup sekian. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, seputar penyebab pudarnya perasaan cinta kita pada pasangan. Semoga dapat memberikan sedikit pencerahan sekaligus pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.