Tanda Hubungan Percintaan Anda Mulai Tidak Sehat

Sudah sewajarnya Anda waspada, bila hubungan yang saat ini Anda jalin, menunjukkan tanda-tanda tidak sehat. Nah, apa saja tanda-tanda hubungan yang tidak sehat? Kita bahas dalam artikel kali ini.

Namanya sebuah hubungan asmara, tentu saja kita harapkan akan selalu berjalan mulus. Meskipun kenyataannya tidak demikian. Ada kalanya kita harus mengambil langkah bijak, bila hubungan yang kita jalani, ternyata sudah tidak bisa lagi dikatakan sehat.

Adapun ciri-cirinya, bila suatu hubungan sudah tidak sehat lagi, adalah sebagai berikut:

1. Anda Selalu Mengalah Untuk Pasangan

Tidak peduli apapun yang Anda rasakan, selalu Anda yang mengalah demi dia. Selalu menuruti keinginannya, dan mengesampingkan kepentingan Anda sendiri pada prosesnya.

Ini merupakan salah satu pertanda awal, dari sebuah hubungan yang tidak sehat. Karena selayaknya, hubungan yang dijalani dua arah, harus ada keseimbangan dan saling pengertian. Bila Anda selalu mengalah hanya karena tidak ingin ribut, atau karena sudah terlanjur terlalu cinta, jangan harap Anda bisa berbahagia dalam hubungan tersebut.

2. Pasangan Tidak Lagi Menghargai Kehadiran Anda Dengan Layak.

Sehingga Anda sering merasa diabaikan, sering tidak dihargai, dan sering tidak diperlakukan dengan baik. Biasanya, ini merupakan pertanda bahwa pasangan sesungguhnya tidak tulus mencintai Anda, atau sekedar berniat mempermainkan saja. Atau dia sebenarnya tidak serius dengan hubungan ini.

3. Anda Berdua Kerap Bertengkar Karena Hal-hal Yang Sebenarnya Sepele.

Pertengkaran yang terlalu sering, akan menimbulkan rasa sakit hati, marah dan kecewa. Apalagi bila pertengkaran ini sebenarnya dipicu oleh hal-hal kecil saja. Jika hal sepele saja tidak bisa Anda berdua selesaikan, apa jadinya bila suatu ketika nanti Anda menghadapi persoalan yang terbilang besar?

4. Anda Tidak Lagi Merasakan Kenyamanan Dalam Hubungan

Hubungan asmara yang sehat, adalah hubungan dimana Anda merasa nyaman dalam menjalaninya. Bukan malah sebaliknya. Anda kerap merasa tertekan, atau terbebani, karena ulah pasangan yang bertingkah seenaknya sendiri.

5. Anda Sering Merasa Terkekang.

Lumrahnya perasaan semacam ini muncul bila pasangan Anda tergolong posesif dan sangat cemburuan. Sampai-sampai semua aktivitas dan ruang gerak Anda dibatasinya.

Anda bertemu dengan siapapun, ia akan curiga. Seakan tidak rela bila Anda mengenal atau bergaul dengan orang lain. Padahal Anda sebagai manusia yang merdeka, tentu saja punya hak untuk bersosialisasi secara wajar.

6. Pasangan Anda Bersikap Tertutup.

Wajarnya, sebagai pasangan, Anda akan tahu banyak hal tentang pasangan Anda. Tapi di dalam hubungan yang tidak sehat, kenyataannya tidak seperti itu. Anda bahkan tidak tahu siapa saja teman-temannya, apa saja aktivitasnya. Sementara lumrahnya pasangan di luar sana, pasti akan tahu hal-hal sekecil apapun tentang pasangannya sendiri.

Disinilah Anda patut bersikap waspada. Karena itu bisa jadi berarti, bahwa hati pasangan tidak sepenuhnya untuk Anda seorang, sehingga ia ingin menyimpan sendiri segala hal dalam hidupnya.

7. Adanya kekerasan

Ini merupakan ciri yang tidak semestinya Anda tolerir lagi, untuk alasan apapun. Jangan bertahan dengan pasangan yang sering melakukan kekerasan. Baik kekerasan fisik, maupun kekerasan emosional dalam bentuk ucapan yang menyakitkan hati.

Tidak sewajarnya Anda berusaha untuk mengerti, hanya karena wataknya memang keras. Alasan apapun tidak bisa membenarkan kekerasan dalam suatu hubungan.

8 Pasangan Tidak Terlalu Peduli Pada Anda

Bahkan ketika Anda sedang sakit, sedang dalam masalah, dalam kesulitan besar, atau dalam keadaan sedang membutuhkan bantuan seseorang.

Bila di saat-saat pelik ini ia malah tidak ada di samping Anda, maka itu artinya hubungan Anda ini memang sudah tidak sehat. Bahkan orang secuek apapun, bila pasangan yang dikasihinya sedang mengalami kesulitan, akan peduli. Akan berupaya untuk membantu. Jadi tidak ada alasan bagi pasangan Anda untuk mengabaikan begitu saja kesulitan Anda.

Dari ciri-ciri yang baru saja saya sebutkan ini, ada berapa yang pernah Anda alami? Bila semuanya pernah terjadi, pernah Anda rasakan, dan terjadinya pun sering, maka ini sudah saatnya Anda mempertimbangkan, arah hubungan ini mau dibawa kemana. Karena itu tandanya hubungan Anda ini memang sedang tidak sehat.